Skip to main content

Manfaat bambu bagi kehidupan

Diarypena: catatan si penulis
(Tony ansyari nurdin)


   Kali ini kita akan membahas manfaat bambu bagi kehidupan. Membicarakan tentang bambu banyak sekali manfaatnya teman-teman. Kalau di tempatku biasa bambu di pakai sebagai tangga untuk memanjat pohon cengkeh. Cengkeh memang di jadikan sebagai penghasilan tambahan bagi masyarakat di sini teman-teman tepatnya di KALUBIBING, KOTA MAMUJU-SULBAR.
Masyarakat setempat menjadikan cengkeh sebagai penghasilan tambahan karena harga perkilo dari cengkeh yang lumayan tinggi walaupun harga cengkeh terkadang juga naik turun. Tanaman cengkeh adalah tanaman musiman atau jangka panjang yang berbuah sekitar 3➡5 tahun setelah tanam pertama, Selanjutnya cengkeh dapat berbuah dan di panen 1➡2tahun. Selain itu penghasilan tambahan lainnya dari sektor pertanian dan perkebunan yaitu cokelat, durian dan tanaman jangka pendek sejenis sayur-sayuran seperti lombok, kacang panjang, tomat, singkong, terong, kangkung dan sebagainya.

Oke, kita lanjutkan lagi yah teman-teman. Teman-teman tau ga, bambu itu sejenis apa?? Bambu itu sejenis atau keluarga rumput-rumputan dan Bambu mempunyai daya tumbuh atau berkembang biak yang cepat.
Bambu dapat tumbuh hingga mencapai 15➡25 meter bahkan di kawasan lain bambu bisa tumbuh hingga 45 meter, wah tinggi juga yah teman-teman.
Bambu termasuk dalam keluarga GRAMINIEAE . bambu banyak tersebar di daerah yang beriklim tropik dan subtropik, meski terdapat juga di daerah berikliim dingin seperti jepang, Amerika Serikat dan china.


✏Nah sedikit bercerita tentang negara CHINA ๐Ÿ‡จ๐Ÿ‡ณ . hayo teman-teman siapa yang tau apa julukan negara china??? Ya benar, negara TIRAI BAMBU karena di sana cukup banyak hutan bambunya teman-teman.
China juga terkenal dengan hewannya yang imut dan menggemaskan yaitu PANDA. Seperti yang kita tau bahwa panda sangat gemar memakan bambu.
Panda dewasa dapat menghabiskan hingga 14 jam dalam satu hari hanya memakan bambu.
tapi teman-teman tau ga ternyata kegemaran panda mengkonsumsi bambu itu adalah hasil dari sebuah EVOLUSI yang bearti bambu sebenarnya bukan makanan utama panda sejak pertama ada. Hasil penelitian juga mengatakan bahwa sistem pencernaan pada panda yang buruk.
Hasil penelitian lainnya menyatakan bahwa microbiome ada pada sistem pencernaan pada panda sebenarnya tidak mampu beradaptasi dengan cara pola makan sejak jutaan tahun yang lalu. Lambung panda tidak memiliki bakteri penghancur tanaman yang biasanya dimiliki oleh herbivora.

Kita lanjutkan lagi yah, Bambu berbentuk tabung yang berongga di dalamnya. Batangnya terbagi atas ruas-ruas. Bambu mempuyai akar rimpang, yang mempunyai fungsi menyerap air dan dapat memperbanyak atau berkembang biak. Akar bambu juga sangat kuat dan bisa mengikat air dan tanah, sehingga bencana longsor bisa terhindarkan.

Di indonesia ada sekitar 150 jenis bambu yang tumbuh dari 1250 jenis bambu di seluruh dunia. Ada beberapa Jenis bambu yang tumbuh di indonesia dan biasa di pakai sebagai bahan baku, seperti :

1. Bambu Betung

Bambu betung (Dendrocalamus asper Schult. F. Backer) dalam bahasa daerah populer dengan sebutan awi bitung, bambu betung, jajang betung, dan pereng betung. Bambu ini mempunyai pertumbuhan yang lambat. Rata2 tingginya bisa mencapai 20➡25 M dengan garis tengah sampai 20 CM. Panjang ruasnya 40➡60 CM sedang ketebalan dinding buluh mencapai 1➡1,5 CM. Biasa bambu ini tumbuh di dataran rendah hingga tinggi kira-kira 2000 M dpa.

Bambu betung banyak digunakan sebagai bahan bangunan, bahan baku pembuat dinding rumah yang dianyam atau dibelah, meubel dan berbagai kerajinan seperti keranjang bambu, nampan atau tempat nasi.

2. Bambu Tutul

Bambu tutul (Bambusa vulgaris Schrad) dalam bahasa daerah dikenal juga sebagai awi gading, awi koneng, awi tutul (Sunda), pring ampel, pring ampel kuning, pring gading, pring legi, pring tutul (Jawa).

Jenis biasa tumbuhnya tidak terlalu rapat Dan pertumbuhannya cepat. Bambu ini mempunyai ketinggian antara 15➡20 M, dengan besar pangkal batang bisa 6➡10 CM, tebal dinding 8-15 MM, dan panjang ruas 30➡45 CM. Warnanya hijau, dengan garis-garis kuning membujur atau kuning dengan bercak-bercak cokelat.

Beberapa fungsi dan manfaat lainnya dari bambu, yaitu:

1. Mencegah abrasi dan erosi yang mengakibatkan terjadinya longsor.
2. Sumber oksigen dan air.
3. Pengganti kayu/besi sebagai penopang bangunan.
4. Bahan baku Kerajinan dan perabotan dapur seperti tudung nasi, tempat nasi, penjepit ikan, dll.
5. Bahan baku membuat rumah atau pondok seperti pagar, dinding rumah, tangga dan sebagainya.
Bangunan yang berbahan baku bambu memiliki ketahanan terhadap guncangan gempa diakibatkan sifat kelenturan bambu yang terdapat pada pasak, kuncian dan ikatan maka dari itu dapat menyesuaikan guncangan gempa. Namun, di sayangkan bambu di pakai sebagai bahan baku rumah sudah banyak di tinggalkan dan terjadi pengalihan bahan baku rumah menggunakan batu (batu merah/batako) dan semen dengan alasan arsitektur rumah bambu yang sudah ketinggalan zaman.
Di beberapa daerah terpencil biasa bambu juga di pakai sebagai jembatan darurat.
6. Daun bambu bisa di jadikan pakan ternak dan sebagai obat.
Daun bambu bermanfaat sebagai obat untuk meredakan dan sesak napas (asma). Selain itu bambu juga berkhasiat menetralkan racun di dalam tubuh dan mengatasi kecemasan pada seseorang.
Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa daun bambu dapat menurunkan tingkat kolesterol, lemak darah, sebagai antioksidan, membuat awet muda serta dapat menjaga stamina dan mencegah penyakit kardiovaskuler itu di karenakan adanya kandungan pada daun bambu seperti asam amino, mikroelemen, polisakarida, vitamin, flavonoid dan masih banyak yang lainnya.
Flavonoid yang terkandung dalam daun bambu ternyata mempunyai manfaat sebagai mempelancar aliran pembuluh darah koroner pada jantung dan mencegah terjadinya gangguan jantung.
7. Bambu juga biasa di pakai sebagai kayu bakar atau arang bambu, dan tentunya masih banyak fungsi dan manfaat lainnya.

Kalian pernah lihat kerajinan dari bambu, ga?? Yah, seperti tikar, tempat duduk, bakul nasi atau kipas, semuanya terbuat dari anyaman bambu, wah hebat yah teman-teman? Bahkan beberapa alat musik tradisional juga menggunakan bambu seperti, angklung, kolintang dan seruling.

Di pedesaan bambu juga di pakai sebagai alat mainan loh teman-teman, seperti:

ENGRANG:
Permainan engrang termasuk permainan tradisional indonesia. Permainan ini membutuhkan keseimbangan tubuh. Bagi yang baru memainkan permainan mungkin akan terasa kesulitan untuk menyeimbangi tubuh tetapi tidak membutuhkan waktu lama bagi yang ingin mempelajari permainan ini. Pembuatannya pun sangat mudah dengan cara memotong bambu dengan panjang yang sama dengan ukuran 2➡3 meter lalu buatlah penyangga kaki pada bambu menggunakan kayu atau bambu yang berukuran kecil setelah itu membuat lubang pada bambu untuk memasukkan penyangga kaki dan ikatlah dengan menggunakan tali biasa atau tali yang terbuat dari kulit bambu.

SENJATA MAINAN:
Mainan ini masih dapat kita jumpai di sekitar daerah perkampungan. Dengan kreatifitas para anak-anak yang tinggal di perkampungan, bambu dapat di sulap menjadi senjata mainan. Pembuatan juga sangat mudah hanya menggunakan bambu muda yang berukuran kecil lalu memotongnya menjadi beberapa bagian dan di ikat yang nantinya di bentuk menyerupai senjata. Bentuknya pun berbeda-beda sesuai selera masing-masing.

PETASAN BAMBU:
Permainan ini masih menjadi permainan yang disukai hingga kini. Sewaktu kecil dulu saya pun sering memainkannya bersama teman-teman. Sebutan nama petasan bambu di daerah saya adalah LADUM. kalo ditempat teman-teman apa sebutan petasan bambu?๐Ÿ™„
Permainan ini mempunyai keseruan tersendiri bagi anak-anak yang memainkannya karena suara yang di keluarkan dari mainan bambu ini yang cukup keras terdengar. Petasan bambu ini terbuat dari bambu besar yang di beri lobang pada bagian belakangnya sebagai tempat menyulutkan api. Petasan bambu ini mirip dengan sebuah meriam hanya saja jelas berbeda pada bagian pelurunya. Petasan bambu hanya mengeluarkan suara dan harus memerlukan minyak tanah atau karbit yang di beri air sedikit.

LAYANG-LAYANG:
Permainan satu ini jelas tidak asing lagikan buat teman-teman? Permainan ini memang cukup di gemari oleh anak-anak bahkan orang dewasa sekali pun.
Permainan layang-layang ini sudah cukup mendunia, bukan saja di indonesia tapi hingga mancanegara.
Tidak jarang event-event kejuaraan layang-layang ini di selenggarakan di dalam atau di luar negeri. Pesertanya pun dari berbagai negara. Mereka pun bersemangat untuk menampilkan layang-layang buatan mereka sendiri. Biasanya layang-layang yang dipakai, dengan ukuran yang besar dan berbagai bentuk seperti burung, topeng, ikan, naga, dan sebagainya. Karena ukurannya yang besar, Untuk menerbangkan layang-layang ini biasanya tidak mampu hanya 1 orang melainkan hingga 3➡5 orang sekaligus. Wahh.... pasti besar dan berat juga yah teman-teman....๐Ÿ˜ฐ๐Ÿ˜ฐ


Selain itu, bambu juga bisa kita konsumsi loh temen-temen. Bagian yang bisa di makan yaitu tunasnya atau biasa di sebut rebung, berbentuk krucut dan mempunyai rambut yang gatal. Rebung bambu biasa di olah menjadi sayur atau lauk.

Itulah manfaat bambu bagi kehidupan kita. Mari teman-teman kita jaga kelestarian alam kita dengan baik. Dengan begitu kita dapat terus memanfaatkan hingga generasi kita selanjutnya. Sampai di sini dulu teman-teman di DIARYPENA: CATATAN SI PENULIS selanjutnya...๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰

BACA JUGA:
To: manfaat bambu bagi kehidupan

Klik➡Daftar nama-nama tanaman dan tumbuhan obat

Klik➡Manfaat dan khasiat yang melimpah pada lebah

Klik➡Tips sehat ragam penyakit (1)

Klik➡Arti dan makna kata atau bahasa

Klik➡Menjadi orang sukses

Klik➡Manfaat tidur dan keutamaannya

Klik➡Cobaan hidup, kesabaran dan doa

Comments

Popular posts from this blog

Cara mengobati diabetes dan beberapa penyakit dengan tanaman obat herbal sambung nyawa

Cara mengobati diabetes dan beberapa penyakit dengan tanaman obat herbal sambung nyawa➡ ๐Ÿ”ทSeperti yang diketahui bahwa penyakit yang sering menyerang di kalangan masyarakat di indonesia adalah diabetes. ๐Ÿ”ทSalah satu pengobatan diabetes, yaitu dengan menggunakan ekstrak daun sambung nyawa. Daun sambung nyawa ini mudah di temukan dimana-mana bahkan kita dapat menemukannya di pekarangan rumah. ๐Ÿ”ทTidak banyak orang yang memanfaatkan daun sambung nyawa ini sebagai pengobatan herbal di karenakan diantaranya, minimnya pengetahuan tentang khasiat daun sambung nyawa. Oleh sebab itu saya ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman tentang khasiat daun sambung nyawa. ๐Ÿ”ทDaun sambung nyawa mempunyai nama latin, yaitu GYNURA PROCUMMBENS . Awal penyebarannya diyakini berasal dari wilayah afrika lalu menyebar ke sumatra dan jawa dan dapat tumbuh sekitar 400➡500 DPL. Daun sambung nyawa juga di percaya mengobati beragam penyakit. selain diabetes, sambung nyawa juga berkhasiat, sebagai:

Puasa ramadhan makna puasa dan keutamaannya

Pengertian atau makna puasa:    Puasa adalah kegiatan ibadah   yang di jalankan sebulan penuh oleh umat Islam yang berupa menahan keinginan makan-minum dan perbuatan tidak baik (buruk). Jadi secara keseluruhan ibadah puasa bertujuan mengekang hawa nafsu untuk keinginan untuk sebuah tujuan yaitu perbuatan yang di larang (maksiat), hingga waktu yang di tentukan saat fajar sampai terbenamnya matahari.    Dalam bahasa Arab puasa disebut juga dengan Ash Shiyaam (ุงู„ุตูŠุงู…) atau Ash Shaum (ุงู„ุตูˆู…). Secara bahasa Ash Shiyam artinya adalah al imsaak (ุงู„ุฅู…ุณุงูƒ) yaitu menahan diri Kewajiban berpuasa di bulan ramadhan sesuai dengan firman AllAH TA’AlA: ูŠٰุٓงَูŠُّู‡َุง ุงู„َّุฐِูŠْู†َ ุงٰู…َู†ُูˆْุง ูƒُุชِุจَ ุนَู„َูŠْูƒُู…ُ ุงู„ุตِّูŠَุงู…ُ ูƒَู…َุง ูƒُุชِุจَ ุนَู„َู‰ ุงู„َّุฐِูŠْู†َ ู…ِู†ْ ู‚َุจْู„ِูƒُู…ْ ู„َุนَู„َّูƒُู…ْ ุชَุชَّู‚ُูˆْู†َۙ Yaa ayyuhal ladziina aamanuu kutiba ‘alaikumush shiyaamu kamaa kutiba ‘alal ladziina min qoblikum la’alakum tattaquun Artinya : “wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas ora

Cara merawat wajah menjadi putih, mulus dan bersih secara alami

Diarypena: catatan si penulis CARA MERAWAT WAJAH MENJADI PUTIH, MULUS DAN BERSIH SECARA ALAMI ➡ ๐Ÿ”ท Seperti judul konten ini cara merawat wajah putih, mulus dan cantik merupakan idaman semua orang Terutama pada kaum hawa atau wanita. pasti kalian juga mau kan teman-teman? Mungkin sebagian dari kalian sudah mencoba berbagai produk dan cara mendapatkan wajah yang cantik? Dan kalian juga Tak peduli seberapa banyak uang yang telah dikeluarkan hanya untuk memuaskan keinginan agar terlihat menawan dan cantik di hadapan lawan jenis (PRIA). Tapi alangkah baiknya jika kalian melakukan perawatan dengan cara sederhana tanpa menghambur-hambur kan uang banyak, yaitu dengan bahan-bahan alami. ๐Ÿ”ทMemakai produk-produk kecantikan juga tidak 100% menjamin dapat menghasilkan sesuai yang diharapkan dan kabar buruknya, penggunaan produk kecantikan secara berlebihan dan sembarangan dapat memberikan efek buruk pada wajah ataupun kulit jika di gunakan terus-menerus karena kandungan kimia yang terd