Skip to main content

Cara membuat minyak kelapa berkualitas dan sehat melalui proses pemanasan bertahap

Diarypena: catatan si penulis
(Tony ansyari nurdin)



   Sebelum kita memulai cara membuat minyak kelapa yang berkualitas dan sehat melalui proses pemanasan bertahap, ada baiknya kita sedikit pengenalan terlebih dahulu tentang kelapa, oke!! Teman-teman?

   Kelapa mempunyai bahasa latin yaitu COCOA NUCIFERA L. Kelapa adalah tumbuhan yan mempunyai beragam manfaat bagi kehidupan. Mulai dari DAUN, BUAH sampai AKAR-nya dapat kita manfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan seperti bahan dasar makanan atau minuman, obat2an, bahan baku industri dan sebagainya.

   Salah satu Bagian Kelapa yang mempunyai banyak manfaat yaitu terletak pada BUAH, Buahnya yang dapat di manfaatkan dari bagian KULIT/TEMPURUNG sebagai arang kelapa yang diperoleh dari proses pembakaran tempurung kelapa. Kemudian DAGING bisa di jadikan makanan sehat.

Daging kelapa yang masih muda mempunyai kalori 65➡70 kalori per 100 gram sedangkan kelapa tua mempunyai kalori yang tinggi sebesar 350➡400 kalori per 100 gram.
dan terakhir, AIR-nya bisa di jadikan minuman menyegarkan dan tentunya juga menyehatkan bagi tubuh.
Air kelapa mempunyai kalori 15➡20 per 100 gram. Air kelapa mempunyai kandungan ANTI-RACUN yang tinggi dan beberapa kandungan zat dan vitamin lainnya seperti Enzim, Vitamin C, Kalsium, Asam nikotinat, Asam pantotenat, Biotin, Ribiflavin, Asam folat dan kandungan mineral: Zat besi, Fosfor dan Gula.

   Kelapa merupakan jenis tumbuhan yang tumbuh di daerah TROPIS. Kelapa dapat kita temukan dengan mudah di sepanjang pantai, dataran rendah hingga dataran tinggi atau daerah pegunungan. Kelapa banyak di budidayakan para petani selain karena mudah penanaman dan pemeliharaannya, juga karena kelapa dapat di jadikan beberapa produk yang berkualitas dan sehat.

   Tanaman kelapa adalah salah satu sumber penghasilan etnis Mandar, etnis mandar adalah suku terbesar Sulawesi barat. Tanaman kelapa juga tersebar di segala penjuru di sulawesi barat maka banyak masyarakat yang berinisiatif untuk memanfaatkan kelapa sebagai minyak (memasak), obat atau kosmetik. Begitu juga dikampung saya kalubibing, kota mamuju, kelapa menjadi tanaman primadona karena kelapa bisa dijadikan minuman/makanan atau kelapa biasanya dijual satuan atau lebih. Kelapa muda yang di jual kan pun berkisar 5000 ribu untuk satu buahnya jika kita membelinya di penjual ecerannya. Lain pula jika kita membelinya langsung pada pengepul nya atau langsung dari pohonnya (memanjat sendiri atau memakai orang lain sebagai pamanjat) dengan sekaligus banyak dengan harga berbeda-beda berkisar 1000➡4000 ribu perbiji nya.
Para pemanjat kelapa dikampung saya bisa terbilang para pemanjat yang ahli. Tidak sembarang orang yang bisa memanjatnya karena butuh keahlian dan teknik-teknik khusus memanjatnya apalagi pada ujung pohon kelapa banyak terdapat serangga-serangga kecil berupa semut yang bisa menggigit sekujur badan.
Jika kita tidak mempunyai keahlian saya sarankan jangan coba-coba tanpa latihan atau tanpa pendamping (orang yang ahlinya) untuk memanjat karena bisa-bisa kita akan terjatuh dan menyebabkan diri kita terluka hingga kematian.
Bahaya yah teman-teman?

   Selanjutnya, Salah satu produk yang dihasilkan dari kelapa yaitu MINYAK KELAPA MURNI. Meskipun minyak kelapa adalah sebuah produk modern, pengembangan minyak ini tetap berkaitan dengan akar budaya masyarakat sulawesi barat.
-pertanyaannya, Darimana sih minyak kelapa diperoleh? Hayo, siapa yang tau? Teman-teman ada yang tau ga?
Minyak kelapa dapat diperoleh dari proses pemanasan bertahap
-Apa sih kelebihan atau keunggulannya?
Banyak teman-teman. Minyak kelapa yang berkualitas tak mempunya kolesterol, tetapi kaya akan Senyawa asam laurat. Sedangkan Asam lemak jenuh rantai yang terkandung dalam minyak kelapa berfungsi sebagai penetral terhadap kolesterol. Jelas minyak kelapa berbeda dengan minyak goreng biasa lainnya.
Kemudian, kadar kandungan Vitamin E, asam laurat dan Enzim pada kelapa, tetap utuh meskipun sudah diolah menjadi minyak. Ini di karenakan adanya proses Fermentasi yang di lakukan dalam proses bertahap untuk menghasilkan minyak kelapa.

   Kelebihan lainnya yaitu terdapat pada kandungan Asam lemak yang mirip dengan Asam lemak yang terdapat pada Air susu ibu yang mempunyai efek terhadap ketahanan tubuh dan membunuh virus. Warna air pada minyak kelapa ini berwarna bening disebabkan saat proses fermentasi dan pemanasan, dalam proses juga ada proses Penyaringan dan penjernihan.

   Asam laurat berupa asam jenuh rantai yang terkandung dalam minyak kelapa murni, mudah pecah dan lebih banyak menghasilkan Energi, oleh sebab itu efek yang ditimbulkan dapat Melancarkan sistem metabolisme tubuh karena asam laurat dalam tubuh dapat diubah menjadi Monolauriun yang bersifat Antivirus, antibakteri, antiprotozoa.
Selain itu minyak kelapa murni dapat bermanfaat sebagai pengobatan beberapa penyakit seperti penyakit Kelamin- herpes simplex virus-2 (HSV-2) dan HIV-1 serta Bakteri Neisseria gonorrhoe, Melancarkan sistem pencernaan dan memperbaiki sistem penyerapan nutrisi.

   Bagi penderita Obesitas, minyak kelapa baik juga dikonsumsi karena minyak asam jenuh rantai bermanfaat dalam Mengontrol berat tubuh yang berlebihan yang di sebabkan pola makan yang tak terkontrol atau salah dan asam lemak jenuh tidak tersimpan sebagai cadangan energi melainkan langsung melakukakan proses pembakaran yang menghasilkan energi bagi tubuh.




TAHAPAN PENGOLAHAN:
                                     
1. Alat dan bahan:

Alat: Ember, Dispenser plastik, timbangan, loyang, selang, mixer, saringan, gelas ukur, botol kaca atau pelastik.
Bahan: kelapa 25 butir, air.
                                    
2. Persiapan bahan baku:

Buah kelapa segar yang sudah tua yang akan di jadikan bahan utama minyak kelapa ini. Ciri-cirinya dapat dilihat dari warna sabut yang kecokelatan dan buah yang dipakai jangan yang sudah tumbuh tunas atau berkecambah. Umur buah kira-kira 10➡12 bulan. Buah yang demikian akan menghasilkan rendaman minyak yang banyak.
                                   
3. Pembuatan santan:

Buah kelapa dapat langsung di kupas terlebih dahulu lalu dibelah dan dibuka tempurungnya lalu diparut dengan mesin pemarut atau alat pemarut tangan. Setelah di parut tambahkan air dengan perbandingan 1 : 2 lalu di aduk-aduk kemudian diperas dan disaring hingga diperoleh santan kelapa.
                                   
4. Pemisahan krim:

Santan yang dihasilkan di tuangkan ke dalam wadah dispenser plastik, lalu diamkan lah selama 2➡3 jam. Santan yang di diamkan secara perlahan akan membentuk 3 lapisan yaitu lapisan atas berupa krim (kaya minyak), lapisan tengah berupa krim (kaya protein) dan lapisan terakhir atau bawah berupa endapan.
Kemudian lakukan pengeluaran pada lapisan tengah dengan cara penyedotan menggunakan selang kecil plastik (selang bensin botol) atau bisa langsung di keluarkan menggunakan kran pada dispenser plastik.
                                   
5. Pemanasan bertahap:

Setelah krim di keluarkan lakukan pemanasan menggunakan wajan hingga mendidih mencapai suhu berkisar 100➡110°C. Minyak yang sudah masak akan ditandai dengan terpisahnya blondo dan minyak blondo (blondo berwarna putih). Lalu pisahkan blondo dengan penyaringan. Minyak yang dihasilkan masih belum masak dan blondo mengandung minyak 10➡15%.
                                  
6. Pemanasan minyak: 

-Minyak yang belum masak tadi dapat dipanaskan ulang dengan suhu 100➡110°C sama dengan proses pemanasan krim yang di atas tadi.

-minyak dipanaskan hingga minyak yang diperoleh berwarna agak bening dan jika terdapat blondo, blondo berwarna cokelat muda.

-kemudian minyak yang dipanaskan tadi dapat didinginkan lalu minyak di saring dengan penyaring.

-lalu minyak yang sudah disaring dapat langsung dimasukkan atau dikemas dalam botol plastik atau kaca.

   Itulah cara membuat minyak kelapa berkualitas dan sehat melalui proses pemanasan bertahap. Kalian dapat melakukannya di rumah atau secara bersama-sama(kelompok).
Dengan adanya pembuatan minyak kelapa ini dapat diharapkan menjadi produk unggulan daerah yang berkualitas, tentunya juga sehat dan bernilai ekonomis yang dapat langsung dijual untuk menambah pendapatan masyarakat. Pendapat (saran) dan harapan saya agar semua dapat terwujud perlu adanya peran pemerintah atau lembaga/dinas pertanian setempat untuk secara lebih serius mendukung program ini khususnya di daerah /kampung di pelosok tanah air.

To:
(Badan penelitian dan pengembangan pertanian loka pengkajian teknologi pertanian sulawesi barat, sumber: cara membuat minyak kelapa berkualitas dan sehat melalui pemanasan bertahap).

Tags: cara membuat, cara sederhana, membuat olahan, tutorial pembuatan, panduan sederhana.

BACA JUGA:
To:

Klik➡ Cinta tak harus berlebihan

Klik➡ Tips sehat ragam penyakit (1)

Klik➡ Tips sehat ragam penyakit (2)

Klik➡ Arti dan makna kata atau bahasa

Klik➡ Manfaat bambu bagi kehidupan

Klik➡ Menjadi orang sukses

Klik➡ Cara membuat konten blog yang benar khusus review game

Klik➡ Gosip negatif dan omongan orang

Klik➡ Manfaat tidur dan keutamaannya

Comments

Popular posts from this blog

Puasa ramadhan makna puasa dan keutamaannya

Pengertian atau makna puasa:    Puasa adalah kegiatan ibadah   yang di jalankan sebulan penuh oleh umat Islam yang berupa menahan keinginan makan-minum dan perbuatan tidak baik (buruk). Jadi secara keseluruhan ibadah puasa bertujuan mengekang hawa nafsu untuk keinginan untuk sebuah tujuan yaitu perbuatan yang di larang (maksiat), hingga waktu yang di tentukan saat fajar sampai terbenamnya matahari.    Dalam bahasa Arab puasa disebut juga dengan Ash Shiyaam (الصيام) atau Ash Shaum (الصوم). Secara bahasa Ash Shiyam artinya adalah al imsaak (الإمساك) yaitu menahan diri Kewajiban berpuasa di bulan ramadhan sesuai dengan firman AllAH TA’AlA: يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ Yaa ayyuhal ladziina aamanuu kutiba ‘alaikumush shiyaamu kamaa kutiba ‘alal ladziina min qoblikum la’alakum tattaquun Artinya : “wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas ora

Cara mengobati diabetes dan beberapa penyakit dengan tanaman obat herbal sambung nyawa

Cara mengobati diabetes dan beberapa penyakit dengan tanaman obat herbal sambung nyawa➡ 🔷Seperti yang diketahui bahwa penyakit yang sering menyerang di kalangan masyarakat di indonesia adalah diabetes. 🔷Salah satu pengobatan diabetes, yaitu dengan menggunakan ekstrak daun sambung nyawa. Daun sambung nyawa ini mudah di temukan dimana-mana bahkan kita dapat menemukannya di pekarangan rumah. 🔷Tidak banyak orang yang memanfaatkan daun sambung nyawa ini sebagai pengobatan herbal di karenakan diantaranya, minimnya pengetahuan tentang khasiat daun sambung nyawa. Oleh sebab itu saya ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman tentang khasiat daun sambung nyawa. 🔷Daun sambung nyawa mempunyai nama latin, yaitu GYNURA PROCUMMBENS . Awal penyebarannya diyakini berasal dari wilayah afrika lalu menyebar ke sumatra dan jawa dan dapat tumbuh sekitar 400➡500 DPL. Daun sambung nyawa juga di percaya mengobati beragam penyakit. selain diabetes, sambung nyawa juga berkhasiat, sebagai:

Cara merawat wajah menjadi putih, mulus dan bersih secara alami

Diarypena: catatan si penulis CARA MERAWAT WAJAH MENJADI PUTIH, MULUS DAN BERSIH SECARA ALAMI ➡ 🔷 Seperti judul konten ini cara merawat wajah putih, mulus dan cantik merupakan idaman semua orang Terutama pada kaum hawa atau wanita. pasti kalian juga mau kan teman-teman? Mungkin sebagian dari kalian sudah mencoba berbagai produk dan cara mendapatkan wajah yang cantik? Dan kalian juga Tak peduli seberapa banyak uang yang telah dikeluarkan hanya untuk memuaskan keinginan agar terlihat menawan dan cantik di hadapan lawan jenis (PRIA). Tapi alangkah baiknya jika kalian melakukan perawatan dengan cara sederhana tanpa menghambur-hambur kan uang banyak, yaitu dengan bahan-bahan alami. 🔷Memakai produk-produk kecantikan juga tidak 100% menjamin dapat menghasilkan sesuai yang diharapkan dan kabar buruknya, penggunaan produk kecantikan secara berlebihan dan sembarangan dapat memberikan efek buruk pada wajah ataupun kulit jika di gunakan terus-menerus karena kandungan kimia yang terd