Skip to main content

Tips sehat ragam penyakit (2)




-Informasi ini hanyalah sebagai pengetahuan dasar pada penyakit, gejala, pencegahan atau pengobatan, tetaplah berkonsultasi pada dokter atau ahli kesehatan lainnya untuk mengetahui secara lanjut mengenai penyakit atau keluhan anda-

Tips sehat ragam penyakit (2):

BISUL:


BISUL adalah penyakit yang di sebabkan oleh infeksi bakteri yang mengakibatkan peradangan pada folikel rambut atau tempat lubang tumbuhnya rambut.
Bakteri utama yang menyebabkan bisul yaitu bakteri STAPHYLOCOCCUS AUREUS. Bakteri dapat menginfeksi dengan cara masuk hingga ke folikel rambut melalui lika gores atau gigitan serangga.

GEJALA:
1. Peradangan tahap awal biasa akan nampak benjolan kecil.
2. Setelah itu peradangan tahap selanjutnya, benjolan akan semakin membesar dan berwarna merah.
3. Tahap terakhir ini biasanya terdapat cairan putih atau nanah pada benjolan.

PENCEGAHAN:
1. Memelihara kebersihan diri dan lingkungan sekitar.
2. Hindari berganti-ganti pakaian dengan orang lain.
3. Biasakan mencuci tangan menggunakan sabun.
4. Terapkan hidup sehat dengan makanan yang sehat dan olah raga agar meningkatkan daya tahan tubuh.

PENYAKIT GIZI BURUK/KURANG GIZI:


Penyakit ini di sebabkan oleh kurangnya asupan gizi khususnya energi-protein sehingga di sebut juga MALNUTRISI ENERGI PROTEIN (MEP).

MEP mempunyai derajat atau tingkatan berbeda-beda yaitu:

Marasmus
Anak-anak yang menderita penyakit ini dapat di kenali atau di lihat. Seperti wajah yang nampak seperti tua, sangat kurus karena pengurangan sebagian jaringan lemak dan otot. Anak-anak yang menderita MARASMUS berat akan menunjukkan perubahan pada mental bahkan mudah kehilangan kesadaran. Ciri lainnya, kulit akan nampak terlihat kering dan mengendur, mengalami kerontokan pada rambut, tulang-tulang yang terlihat menonjol , sering menderita diare atau sembelit dan penurunan berat badan yang drastis sekitar 60% dari berat normal seusianya.

KWASHIORKOR

KWASHIORKOR dapat di sebut juga BUSUNG LAPAR atau HOENGER OEDEM (HO). Anak-anak yang menderita jenis ini sangat mudah di kenali karena mempunyai ciri khas seperti bagian perut yang nampak besar, kulit pucat dan terkesan bengkak namun berat badannya jauh di bawah normal. Perubahan mental pada anak-anak penderita penyakit jenis ini akan terlihat mencolok seperti banyak menangis, nampak terlihat lemah dan biasa juga mengalami ANEMIA dan DIARE.

• MARASMIK-KWASHIORKOR.
Penyakit adalah gabungan dari MARASMUS dan KWASHIORKOR.
Ciri-ciri fisik anak-anak penderita penyakit ini seperti berikut:
1. Berat badan hanya berkisar 50%➡60% dari berat normal.
2. Kelainan pada kulit, bengkak, dan kelainan pada rambut.
3. Mengalami gangguan metabolik pada GINJALdan PANKREAS.
4. Tubuh mengandung lebih banyak cairan karena pengurangan jaringan lemak dan otot.

PENCEGAHAN:
Pencegahan penyakit gizi buruk mempunyai sifat kompleks karena melibatkan individu anak dengan variasi kekebalan tubuh dan lainnya. Faktor penyebab gizi buruk biasa di pengaruhi oleh lingkungan seperti perilaku dan budaya di keluarga atau masyarakat. Program pencegahan harus diikut sertakan pada semua pihak yang terkait seperti pemerintah dan lembaga atau dinas-dinas kesehatan lainnya untuk memberikan penyuluhan-penyuluhan tentang gizi buruk terutama kepada para orang tua dan masyarakat yang tinggal di wilayah terpencil agar terhindar dari penyakit gizi buruk.

PATAH TULANG


Patah tulang adalah terputusnya jaringan tulang/ tulang rawan bisa lengkap maupun tidak lengkap. Patah tulang sering di sebut dalam ilmu kedokteran yaitu FRACTURE (FAKTUR).
Ada beberapa jenis fraktur nya tergantung oleh garis fraktur, yaitu bisa sederhana, sebagian atau multi fragment.
Fraktur atau patah tulang di akibatkan oleh trauma langsung/tidak langsung, tekanan lama atau melemahnya pada tulang.

TANDA-TANDANYA:
Mudah di kenali, biasa akan terasa nyeri pada bagian yang fraktur atau patah tulang. Selain itu tanda yang di ikuti yaitu arah gerak atau bentuk pada persendian yang tidak lazim.

TINDAKAN PENGOBATAN:
ada 3 prinsip untuk pertolongan pada penderita patah tulang, yaitu
1. Mengembalikan arah atau posisi persendian yang di sebut juga REPOSISI.
2. IMMOBILISASI yaitu suatu tindakan dimana penyatuan 2 permukaan tulang yang patah. Cara ini mengharuskan penderita patah tulang untuk tidak bergerak supaya dapat sembuh kembali.
3. REHABILITASI yaitu mengembalikan posisi dengan melakukan intervensi tindakan. cara ini membutuhkan tenaga ahli yang tepat.

PERTOLONGAN PERTAMA:
1. Untuk patah tulang yang terbuka bisa melakukan tindakan dengan cara membersihkan luka dengan cairan antiseptik dan membalut atau menutupi luka untuk menghentikan pendarahan.
2. Jika fraktur ringan, bila memungkinkan mendapat tindakan REPOSISI sebaiknya di lakukan oleh yang orang ahli untuk menghindari hal-hal buruk yang mengakibatkan faktur semakin parah.
3. Pertahankan posisi pada daerah patah tulang dengan menggunakan papan penyangga di kedua sisi agar tetap stabil.
Informasi ini hanyalah sebagai pengetahuan dasar pada penyakit, gejala, pencegahan atau pengobatan, tetaplah berkonsultasi pada dokter atau ahli kesehatan lainnya untuk mengetahui secara lanjut mengenai penyakit atau keluhan anda.




GONDOK BERACUN:


penyakit GONDOK BERACUN adalah penyakit yang menyerupai benjolan di tempat tertentu pada bagian tubuh. GONDOK BERACUN biasa di sebut juga TOKSIK GOITER. Penyakit ini pada awal kemunculan nya hanya berupa gondok biasa namun lama-kelamaan gondok tersebut akan menjadi parah yang diakibatkan meningkatnya Tiroid yang melebihi ambang batas, yang di sebut juga HYPERTIROID. penyebab terjadinya penyakit ini diakibatkan karena kurangnya asupan YODIUM yang biasa terdapat pada garam.

GEJALA:
1. Penderita akan merasakan suatu benjolan pada sekitar leher.
2. Mudah merasakan kelelahan saat beraktivitas.
3. Benjolan terlihat bergerak di saat menelan makanan atau minuman.
4. Biasanya penderita mengalami kegelisahan atau gugup yang tak menentu.
5. Dan pada tingkat lanjut, penderita dapat mengalami penurunan pada berat badan.

PENCEGAHAN DAN PENGOBATAN:
1. Hindari makanan yang berlemak
2. Jika sudah terkena maka periksalah ke dokter. Biasanya dokter akan memberikan
Resep anti tiroid yang berfungsi sebagai penurun produksi hormon tiroid yang berlebihan (hyperteroid) yang dapat memicu penyakit yang lebih parah. Pengobatan yang lainnya, seperti pemberian radioaktif iodine untuk mengatasi penyebab yang utama terbentuknya gejala penyakit gondok beracun. Pengobatan lainnya bisa di lakukan dengan tindakan operasi TIROIDEKTOMI dengan cara pembedahan atau pengangkatan jaringan teroid yang membengkak.

KAKI GAJAH:


KAKI GAJAH adalah penyakit yang di sebabkan oleh cacing FILARIODIDEA. Penyakit ini sering disebut juga LYMPHATIC. Nyamuk Lah yang menjadi pembawa cacing ini masuk ke dalam tubuh manusia. Penyakit ini telah menginfeksi manusia/orang. yang tersebar di penjuru dunia. Hampir 1,36 miliar manusia yang beresiko terinfeksi oleh penyakit ini. Pada tahun 2015 hampir 12.000 manusia/orang yang terinfeksi di wilayah indonesia.

GEJALA:
1. Ada beberapa fase yang dimiliki penyakit ini yaitu:

• Tanpa adanya gejala yang dirasa.
• Akut.
• Dan terakhir, kronis.
Penjelasannya:
Fase tanpa adanya gejala yang dirasa:
Fase ini tak ada keluhan yang dirasa oleg si penderita. tapi ini memungkinkan yang sebenarnya sudah terjadi kerusakan pada sistem kerja aliran pada GETAH BENING dan LIMPA.

Fase pada tingkat akut:
Pada fase ini akan muncul yang ditandai dengan peradangan pada kulit, kelenjar getah bening yang sudah termasuk tingkat penyakit kronis. Pada fase ini pula si penderita biasanya akan merasakan demam di sertakan dengan pembengkakan kelenjar getah bening dan pembengkakan pada tungkai kaki.

Fase tingkat kronis:
Pada fase ini, biasanya sudah mengalami pembengkakan pada jaringan LIMFA dan penebalan kulit pada kaki.

PENCEGAHAN dan PENGOBATAN:
1. Selalu terapkan hidup bersih dengan membersihkan lingkungan rumah dan sekitar rumah.
2. Selalu menggunakan kelambu saat tidur agar menghindari gigitan nyamuk, menggunakan lotione anti-nyamuk di saat malam hari.
3. Minumlah obat cacing sesuai resep dokter agar membunuh larva cacing dalam darah.

OSTEOPOROSIS:


OSTEOPOROSIS adalah penyakit yang menyerang pada tulang atau biasa di sebut keropos tulang.

GEJALA:
1. Jika terjadi pada tulang belakang maka akan terasa nyeri pada punggung.
Nyeri pada tahap awal biasanya juga tak terasa oleh si penderita namun seiring waktu rasa nyeri akan terasa menyiksa. Rasa nyeri biasanya akan terasa di saat berjalan atau berdiri. Para peneliti menyatakan, penyakit ini rentan terjadi pada wanita terutama yang berusia 50 TAHUN. Semakin tua usianya akan semakin parah yang di deritanya. Ini membuktikan bahwa faktor usia lah yang berperan sebagai penyebab terjadinya penyakit ini di karena kan tulang mengalami penipisan dan membuat tulang mudah patah.

PENGOBATAN:
Biasa dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dengan melakukan pemeriksaan menggunakan alat X-Ray atau bisa juga menggunakan COMPUTERIZED TOMOGRAPHY (CT) SCAN.
Selanjutnya dokter akan memberikan obat-obatan yang bertujuan sebagai pereda rasa sakit atau nyeri kepada penderita lalu biasanya dokter akan menganjurkan latihan gerak tubuh bersama ahli fisioterapi.

LEUKIMIA/KANKER DARAH:


LEUKIMIA adalah penyakit yang diakibatkan oleh penumpukan jumlah sel darah putih yang berlebihan di bandingkan jumlah sel darah merah yang terjadi di SUMSUM TULANG BELAKANG.
Penumpukan sel darah putih juga akan memicu adanya penggumpalan darah dan mempengaruhi suplai oksigen dalam darah. Faktor penyebab penyakit ini belum diketahui secara pasti. Tapi beberapa ahli menduga adanya pemicu penyakit ini di akibatkan oleh paparan radiasi dan polusi, kebiasaan merokok, dan faktor kemungkinan juga pada faktor GEN (GENETIK) atau KETURUNAN.
Yang berarti, dapat menyerang pada anak-anak.

GEJALA:
1. Penderita biasanya akan kehilangan nafsu makan dan berat tubuh yang menurun drastis.
2. Mudah lelah, pucat.
3. Biasa juga penderita akan mengalami keluhan di bagian bawah rusuk kiri karena diakibatkan pembengkakan pada LIMFA.
4. Mudah berdarah atau memar jika terbentur benda atau mudah berdarah pada bagian gusi, hidung (mimisan), urine (air seni yang berwarna merah) atau pada tinja (kotoran).
5. dapat dengan mudah terserang infeksi radang tenggorokan (PNEUMONIA BRONKIAL) yang di sertakan sakit kepala, demam ringan, sariawan dan ruam pada kulit.
6. Gejala lainnya batuk, sariawan.

PENGOBATAN:
Melakukan pengecekan awal dengan tes darah yang bertujuan untuk mencari kelainan pada jumlah sel darah putih dalam tubuh.
Lalu pengobatan selanjutnya biasanya dengan melakukan TRANFUSI DARAH (cuci darah) dan STEMCELL (transplantasi sel induk). pengobatan ini memang cukup menyakitkan dan membutuhkan biaya yang tinggi pula.

KANKER RAHIM:


KANKER RAHIM adalah penyakit kanker yang menyerang rahim pada wanita. Kanker rahim biasa di sebut juga kanker ENDOMETRIUM. Faktor penyebabnya saat ini belum diketahui secara pasti tetapi adanya kemungkinan besar Penyebab utama yang memicu adanya penyakit kanker rahim yaitu ketidakseimbangan hormon tubuh tepatnya tingginya hormon ESTROGEN.

GEJALA:
1. keluarnya darah atau pendarahan pada vagina.
2. Sering mengalami Haid yang tidak tepat pada siklusnya. Pada saat situasi seperti ini disarankan untuk anda memeriksakan ke dokter untuk mengetahui lebih lanjut penyebabnya.

PENCEGAHAN ATAU PENGOBATAN:
Karena tak adanya faktor pemicu yang tepat maka. tidak ada pula pencegahannya hanya saja bisa dilakukan langkah-langkah untuk mengurangi resiko terkena kanker rahim, yaitu:

• Menjaga berat badan dan asupan makanan.
• Hindari penggunaan lebih dari 1 jenis PIL KB untuk jangka panjang.
• Menjaga kebersihan organ intim.
Biasanya pengobatan yang dilakukan secara umum yaitu HISTEREKTOMI (operasi pengangkatan rahim). Operasi bisa dilakukan jika tingkat penyakit masih pada STADIUM AWAL.
Pengobatan lainnya yaitu Kemoterapi DAN Radio Terapi.

GLAUKOMA:


GLAUKOMA adalah penyakit pada mata yang diakibatkan oleh kerusakan saraf-saraf pada mata yang menyebabkan gangguan penglihatan. Dalam kasus yang lebih serius, penyakit ini dapat mengakibatkan kebutaan pada penderita. Penyebab umumnya yaitu faktor usia, penggunaan obat tetes mata yang berlebihan atau tanpa adanya resep dokter dab dosis penggunaan obat tersebut dan menggunakannya dalam jangka waktu lama, faktor keturunan.

GEJALA:
Gejala yang ada tergantung dari jenis glaukoma nya. Ada 3 jenis glaukoma yang ada, yaitu:

Glaukoma sudut terbuka:
Munculnya keluhan pada penglihatan seperti menyempit ke depan berupa terowongan atau melihat titik hitam yang mengikuti gerak mata.

Glaukoma sudut tertutup:
Pada jenis ini biasanya akan muncul seperti sakit kepala, nyeri mata, mual, penglihatan yang kabur dan ke merah-merahan pada warna mata.

Glaukoma kongenital (bawaan sejak lahir):
Gejala glaukoma jenis ini menyebabkan tekanan pada bola mata pada bayi. Biasanya dapat dilihat pada awal tahun sesudah kelahiran.

PENCEGAHAN ATAU PENGOBATAN:
Penggunaan obat tetes mata yang harus sesuai dengan resep dokter di karena penggunaan tetes mata ini tidak dapat di pergunakan secara sembarangan. Biasanya dokter akan memberikan resep obat yang sesuai dengan jenis atau tingkat keparahan.
Selain itu, obat minum juga biasa di berikan oleh dokter dan obat minum harus menggunakan resep dokter.
Operasi juga dapat dilakukan jika penggunaan obat-obatan sudah tidak dapat menyembuhkan.


BACA JUGA:
To: Tips sehat ragam penyakit (2)

Klik➡Cinta tak harus berlebihan

Klik➡Tips sehat ragam penyakit (1)

Klik➡Manfaat bambu bagi kehidupan

Klik➡Manfaat seledri bagi kesehatan

Klik➡Manfaat dan khasiat yang melimpah pada lebah

Klik➡Manfaat tidur dan keutamaannya

Klik➡Menjadi orang sukses

Klik➡Cara membuat konten blog yang benar khusus review game

Klik➡Gosip negatif dan omongan orang

Klik➡Arti dan makna kata atau bahasa

Klik➡Cobaan hidup, kesabaran dan doa





Comments

Popular posts from this blog

Puasa ramadhan makna puasa dan keutamaannya

Pengertian atau makna puasa:    Puasa adalah kegiatan ibadah   yang di jalankan sebulan penuh oleh umat Islam yang berupa menahan keinginan makan-minum dan perbuatan tidak baik (buruk). Jadi secara keseluruhan ibadah puasa bertujuan mengekang hawa nafsu untuk keinginan untuk sebuah tujuan yaitu perbuatan yang di larang (maksiat), hingga waktu yang di tentukan saat fajar sampai terbenamnya matahari.    Dalam bahasa Arab puasa disebut juga dengan Ash Shiyaam (الصيام) atau Ash Shaum (الصوم). Secara bahasa Ash Shiyam artinya adalah al imsaak (الإمساك) yaitu menahan diri Kewajiban berpuasa di bulan ramadhan sesuai dengan firman AllAH TA’AlA: يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ Yaa ayyuhal ladziina aamanuu kutiba ‘alaikumush shiyaamu kamaa kutiba ‘alal ladziina min qoblikum la’alakum tattaquun Artinya : “wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas ora

Cara mengobati diabetes dan beberapa penyakit dengan tanaman obat herbal sambung nyawa

Cara mengobati diabetes dan beberapa penyakit dengan tanaman obat herbal sambung nyawa➡ 🔷Seperti yang diketahui bahwa penyakit yang sering menyerang di kalangan masyarakat di indonesia adalah diabetes. 🔷Salah satu pengobatan diabetes, yaitu dengan menggunakan ekstrak daun sambung nyawa. Daun sambung nyawa ini mudah di temukan dimana-mana bahkan kita dapat menemukannya di pekarangan rumah. 🔷Tidak banyak orang yang memanfaatkan daun sambung nyawa ini sebagai pengobatan herbal di karenakan diantaranya, minimnya pengetahuan tentang khasiat daun sambung nyawa. Oleh sebab itu saya ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman tentang khasiat daun sambung nyawa. 🔷Daun sambung nyawa mempunyai nama latin, yaitu GYNURA PROCUMMBENS . Awal penyebarannya diyakini berasal dari wilayah afrika lalu menyebar ke sumatra dan jawa dan dapat tumbuh sekitar 400➡500 DPL. Daun sambung nyawa juga di percaya mengobati beragam penyakit. selain diabetes, sambung nyawa juga berkhasiat, sebagai:

Cara merawat wajah menjadi putih, mulus dan bersih secara alami

Diarypena: catatan si penulis CARA MERAWAT WAJAH MENJADI PUTIH, MULUS DAN BERSIH SECARA ALAMI ➡ 🔷 Seperti judul konten ini cara merawat wajah putih, mulus dan cantik merupakan idaman semua orang Terutama pada kaum hawa atau wanita. pasti kalian juga mau kan teman-teman? Mungkin sebagian dari kalian sudah mencoba berbagai produk dan cara mendapatkan wajah yang cantik? Dan kalian juga Tak peduli seberapa banyak uang yang telah dikeluarkan hanya untuk memuaskan keinginan agar terlihat menawan dan cantik di hadapan lawan jenis (PRIA). Tapi alangkah baiknya jika kalian melakukan perawatan dengan cara sederhana tanpa menghambur-hambur kan uang banyak, yaitu dengan bahan-bahan alami. 🔷Memakai produk-produk kecantikan juga tidak 100% menjamin dapat menghasilkan sesuai yang diharapkan dan kabar buruknya, penggunaan produk kecantikan secara berlebihan dan sembarangan dapat memberikan efek buruk pada wajah ataupun kulit jika di gunakan terus-menerus karena kandungan kimia yang terd